Senin, 29 Juli 2013

Transformasi Kain Tradisional ke Busana Siap Pakai




Indonesia memiliki warisan budaya yang kaya dan terangkum dalam kain-kain indah yang bernilai sejarah serta tersebar di seluruh Nusantara.  Semangat nasionalisme bisa dikembangkan lewat kombinasi gaya tradisional dan modern dalam satu busana.  Hal itu merupakan strategi yang tepat untuk menarik minat konsumen untuk membeli.  

Selain terkenal dengan keindahannya, kain tradisional Tenun Ikat Flores juga kaya akan corak, motif dan warna. Oleh karenanya para pengusaha dalam memasarkan karya tradisional ini harus selalu berinovasi untuk menghasilkan karya-karya kreatif, sehingga dapat menghasilkan produk-produk yang berkualitas di samping kaya akan motif, corak maupun warna serta harga yang terjangkau dan sesuai dengan tren mode saat ini.

Dan supaya tren penggunaan kain tradisional menjadi budaya sehari-hari dan menjadi kebanggaan bagi generasi muda untuk memakainya maka secara konsisten kain tradisional harus tetap dipertahankan penggunaannya sesuai dengan tradisi dan filosofi yang tersirat dari motifnya.  Dan untuk merangkul generasi muda agar lebih mencintai kain tradisional melalui gaya rancangan yang modern, lebih atraktif, dan sesuai mode terkini.

Beberapa contoh busana siap pakai serta souvenir dari kain tradisional bisa dilihat dari klip terlampir.

 

Transformation of Traditional Cloth to ready-made clothing

Indonesia has a rich cultural heritage and represented by its beautiful fabrics and valuable history scattered throughout the archipelago. The spirit of nationalism can be developed through a combination of traditional and modern styles in one outfit. This is a good strategy to attract customers.

Besides of its beauty, the traditional kain tenun Ikat Flores is also rich in style, motif and color. Therefore entrepreneurs who are marketing this traditional work must always innovate to produce creative works in order to produce quality products in addition to motifs, patterns, and colors as well as an affordable price and in accordance with the current fashion trends.

In order to that trend is the use of traditional fabrics into everyday culture and a pride for the younger generation to wear the traditional cloth consistently use must be maintained in accordance with the traditions and philosophy of the implicit motive. And to embrace the younger generation to love traditional fabrics through a modern design style, more attractive, and fit the latest fashion.

Some examples of ready-made clothing and souvenirs of traditional fabrics can be seen from the attached clip.

2 komentar: